Pages

Sukses Berbicara di Depan Kelas


Hi Parent...

Anak Anda sering gugup dan berkeringat dingin begitu berdiri di depan kelas untuk presentasi? Atau gugup ketika bicara di depan banyak orang, menjadi pusat perhatian, dan melihat banyak orang? Wajar kok. Tapi kalau sampai mereka jadi lupa dan gagal menjelaskan semua materi yang sudah disiapkan...hmmm gawat!

Yang bisa Anda bantu lakukan adalah:

1. Kuasai Materi
Cara paling ampuh untuk menguasai materi adalah dengan membuat daftar konsep tentang apa saja yang ingin disampaikan. Misalnya, anak kita mau menjelaskan tentang 'hidup sehat'. Sarankan mereka untuk membuat poin pengertian, cara-cara, dan manfaat hidup sehat. Dari setiap poin akan lahir berbagai penjelasan.

2. Latihan
Salah satu cara yang paling penting adalah dengan banyak berlatih. Coba sarankan anak kita untuk sekali-kali berlatih berbicara di depan cermin dan perhatikan gestur dan mimik wajah mereka. Jangan sampai mereka menunduk terus dan tidak berani menatap mata audiens.

3. Dapatkan perhatian
Sarankan mereka untuk perhatikan materi dan cara penyampaiannya. Ada presentasi yang sebenarnya punya materi yang menarik, tetapi cara penyampainnya buruk atau sebaliknya. Sarankan mereka juga untuk perhatikan eye contact mereka, jangan terus-terusan terpaku dengan teks.

Remember, Be A Champion In Life!


Salam Champion,
Sesilia Peranginangin
Entrepreneur Coach, Penulis Buku "Think & Act Like A Champion"
Email : sesilia@championteens.co.id
Hp / WA : 0816 931 785
Pin BB : 2B2B9C2A
Twitter : @sesil_champion

Unknown

Sosok perempuan yang satu ini terlihat sangat dinamis, gesit, lincah dan selalu optimistis. Semangatnya dalam berkarya sangat besar. Energinya berlimpah seolah tak pernah ada habisnya. Ide-idenya pun terus bermunculan dan selaludirealisasikannya. Kreativitas menjadi salah satu bagian dari hidupnya. Ia sukses membangun sebuah perusahaan dan membuat lembaga non profit Care for The Nation, yang mengantarkannya menjadi salah satu tokoh yang peduli pada kemajuan anak bangsa. Ia juga membangun sebuah perusahaan yang khusus melayani pendidikan dan pelatihan pengembangan diri, buat anak muda. Salah satu program terbaiknya adalah Champion Teens. Sekitar 100.000 remaja seluruh Indonesia, sudah mendapatkan manfaat dari Care for The Nation dan Champion Teens.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar