Pages

Bila si Buah Hati Mulai Pacaran


Hi Parent...

Siang itu tiga anak-anak manis yang masih berseragam merah putih bercanda di jalan. Sambil tersipu malu salah satunya menunjukkan selembar kertas yang katanya dari seorang teman lelaki sekelasnya. Tertulis di atas kertas sebuah tulisan di dalam gambar hati "I Love You". Yang lain kemudian bertanya, "Kenapa bukan si itu sih kan dia lebih ganteng...", dan yang lain menimpali, "Ah nggak, lebih ganteng si anu..."

Wait, tiga anak manis tadi masih menggunakan seragam merah putih lho. Palingan usia mereka masih 10-11 tahun, kok sudah ngomongin soal ganteng, cinta dan pacaran sih. Memangnya mereka mengerti? Bahkan para remaja yang sudah menginjak usia 17 tahun saja belum tentu mengerti betul soal makna pacaran. Jadi langkah apa yang harus Anda ambil sebagai orang tua?

1. Beri jalan
Masa pertumbuhan adalah masa emas yang sangat berarti bagi masa depan anak-anak. Berikan contoh dan pengertian bagaimana seharusnya ia berpacaran. Mungkin Anda dapat memanfaatkannya sebagai alat untuk memotivasi dia untuk menjadi lebih berprestasi.

2. Sex education
Siapa bilang pelajaran seks hanya didapat saat anak sudah dewasa? Tapi bagaimana jika Anda merasa risih / tidak nyaman membahasnya dengan anak? Anda bisa coba menyampaikannya melalui pendalaman agama, seperti membahas kitab suci tentang awal lahirnya manusia didunia. Tanamkan etika memelihara diri dan selalu dekatkan diri kepada Tuhan YME pada anak Anda.

3. Be a bestfriend
Ini kesempatan untuk Anda lebih dekat dengan mereka. Ketika mereka merasa nyaman dan percaya pada Anda, maka ia tak akan menyimpan rahasia dan selalu berbagi dengan Anda. Keuntungan lebihnya, Anda dapat menuntun dan mengatur anak tanpa ia merasa Anda sebagai diktator.

Jadi jika si buah hati mengatakan ia punya pacar bagaimana sebaiknya respon Anda? Tanyakan padanya, "Siapa namanya?", dan berbagai cerita akan mengalir dengan sendirinya

Remember, Be A Champion In Life!



Salam Champion,
Sesilia Peranginangin
Entrepreneur Coach, Penulis Buku "Think & Act Like A Champion"
Email : sesilia@championteens.co.id
Hp / WA : 0816 931 785
Pin BB : 2B2B9C2A
Twitter : @sesil_champion

Unknown

Sosok perempuan yang satu ini terlihat sangat dinamis, gesit, lincah dan selalu optimistis. Semangatnya dalam berkarya sangat besar. Energinya berlimpah seolah tak pernah ada habisnya. Ide-idenya pun terus bermunculan dan selaludirealisasikannya. Kreativitas menjadi salah satu bagian dari hidupnya. Ia sukses membangun sebuah perusahaan dan membuat lembaga non profit Care for The Nation, yang mengantarkannya menjadi salah satu tokoh yang peduli pada kemajuan anak bangsa. Ia juga membangun sebuah perusahaan yang khusus melayani pendidikan dan pelatihan pengembangan diri, buat anak muda. Salah satu program terbaiknya adalah Champion Teens. Sekitar 100.000 remaja seluruh Indonesia, sudah mendapatkan manfaat dari Care for The Nation dan Champion Teens.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar