Pages

Study smart to achieve your goals


Hi Champion...

Bagaimana dengan hasil ujianmu disekolah selama ini? Mungkin ada yang nilainya bagus, tapi ada juga yang masih kurang. Mumpung UTS masih kira-kira 1,5 bulan lagi, dibawah ini ada beberapa cara yang bisa membantumu how to study smart to achieve your goals

1. Repetisi berkala
Secara psikologis, kita mengingat lebih baik ketika melihat atau mendengar sesuatu secara berulang, tapi ada jedanya. Daripada kalau kita diterpa informasi yang sama berulang-ulang. Ini disebut Spacing Effect. Caranya, coba tuliskan hafalan yang sedang kita coba ingat pada beberapa buah kartu atau notes kecil. Baca kartu atau notes itu setiap beberapa menit atau jam sekali. Cara ini dinilai lebih efektif daripada menghapal terus-terusan non-stop.

2. Teknik mnemonic
Teknik ini adalah mengubah bentuk informasi yang harus kita hapal menjadi bentuk yang lebih mudah dikenali dan diingat oleh otak. Ini bisa dilakukan untuk menghapal barisan angka, sebuah daftar, atau bahasa asing. Contoh Mnemonic yang paling populer adalah "MEJIKUHIBINIU" (Merah-Jingga-Kuning-Hijau-Biru-Nila-Ungu) yang digunakan untuk menghafalkan warna pelangi, atau Merah Vespa Baru (Merkurius, Venus, Bumi) nama-nama planet yang berurutan dari matahari, dll.

Nah, 2 cara diatas dapat mengurangi waktu belajar tapi bisa membuat kita hafal lebih banyak loh. Keep STUDY SMART and... Remember, Be A Champion In Life!


Salam Champion,
Sesilia Peranginangin
(Entrepreneur Coach & Book Author "Think & Act Like A Champion")
Blog : sesiliaperanginangin.blogspot.co.id
Hp / WA : 0816 931 785
Pin BB : 2B2B9C2A
Twitter & Instagram : @sesil_champion


Unknown

Sosok perempuan yang satu ini terlihat sangat dinamis, gesit, lincah dan selalu optimistis. Semangatnya dalam berkarya sangat besar. Energinya berlimpah seolah tak pernah ada habisnya. Ide-idenya pun terus bermunculan dan selaludirealisasikannya. Kreativitas menjadi salah satu bagian dari hidupnya. Ia sukses membangun sebuah perusahaan dan membuat lembaga non profit Care for The Nation, yang mengantarkannya menjadi salah satu tokoh yang peduli pada kemajuan anak bangsa. Ia juga membangun sebuah perusahaan yang khusus melayani pendidikan dan pelatihan pengembangan diri, buat anak muda. Salah satu program terbaiknya adalah Champion Teens. Sekitar 100.000 remaja seluruh Indonesia, sudah mendapatkan manfaat dari Care for The Nation dan Champion Teens.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar