Pages

Ketika hal yang tidak Anda inginkan terjadi saat presentasi



Hi...

Masih ingat dengan yang saya sampaikan pada Grab Your Audience lalu tentang bagaimana cara menghadapi hal yang tidak kita inginkan terjadi saat presentasi?

Tidak peduli seberapapun mendetil dan komplit persiapan Anda, tetap saja hal-hal yang tidak Anda inginkan bisa terjadi. Contoh, listrik yang padam di tengah-tengah presentasi, laptop Anda tiba-tiba hang, ada pesta perkawinan persis di sebelah ruangan Anda berpresentasi, dan masih banyak lagi…. Bagaimana cara mengatasinya?

1. Akui masalahnya
Sebagai presenter, Andalah yang mengendalikan situasi dan mampu berbicara. Oleh karena itu Anda harus mampu menyampaikan bahwa memang ada masalah. Seringkali yang terjadi adalah tidak ada siapapun (baik presenter maupun panitia) yang mengungkapkannya sehingga audiens bertanya-tanya.

2. Diskusikan solusinya
Jika ringan dan bisa diatasi dengan cepat (misalkan laptop yang hang dan butuh direstart), silahkan langsung Anda atasi sendiri. Anda bisa sebentar menghentikan presentasi, merestart laptop dan sambil menunggu laptop restart Anda bisa meneruskan berpresentasi.

Dalam kondisi yang berat dan sulit ditangani, Anda bisa berdiskusi dan meminta pendapat audiens. Contoh kondisi ini adalah tiba-tiba terdengar musik & suara hingar bingar karena ada pesta perkawinan di ruangan sebelah presentasi Anda. Berdiskusilah dengan audiens kira-kira langkah apa yang paling pas dan paling nyaman untuk mereka. Bisa saja Anda akhirnya berpindah ruangan, menunda acara presentasi atau tetap melanjutkan.

Jika Anda mau pindah ruangan:
- Supaya tidak terlalu merepotkan semua pihak dan membuat suasana presentasi Anda jadi chaos, lakukan pada saat lunch break. Supaya Anda punya waktu cukup dan Anda bisa melanjutkan presentasi Anda dengan gembira.

- Supaya suasana tetap bersemangat, perdengarkan lagu-lagu riang


Salam Champion,
Sesilia Peranginangin
Entrepreneur Coach, Penulis Buku "Think & Act Like A Champion"
Email : sesilia@grabyouraudience.com
Hp / WA : 0816 931 785
Pin BB : 2B2B9C2A
Twitter : @sesil_champion

Unknown

Sosok perempuan yang satu ini terlihat sangat dinamis, gesit, lincah dan selalu optimistis. Semangatnya dalam berkarya sangat besar. Energinya berlimpah seolah tak pernah ada habisnya. Ide-idenya pun terus bermunculan dan selaludirealisasikannya. Kreativitas menjadi salah satu bagian dari hidupnya. Ia sukses membangun sebuah perusahaan dan membuat lembaga non profit Care for The Nation, yang mengantarkannya menjadi salah satu tokoh yang peduli pada kemajuan anak bangsa. Ia juga membangun sebuah perusahaan yang khusus melayani pendidikan dan pelatihan pengembangan diri, buat anak muda. Salah satu program terbaiknya adalah Champion Teens. Sekitar 100.000 remaja seluruh Indonesia, sudah mendapatkan manfaat dari Care for The Nation dan Champion Teens.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar